Informasi

Gedung Kementerian Koperasi dan UKM

Unit Pengaduan Masyarakat (UPM) yang bertugas menangani setiap pengaduan/keluhan masyarakat dalam pelaksanaan program-program pemerintah maupun masalah internal/eksternal yang dihadapi oleh UKM dalam mengelola usahanya. Unit Pengaduan Masyarakat akan menindaklanjuti setiap pengaduan/keluhan masyarakat dan memberikan jawaban kepada masyarakat mengenai hasil tindaklanjut yang telah diadukan.

UPM dibentuk untuk mengantisipasi permasalahan yang mungkin terjadi dalam pelaksanaan program-program pemerintah dan masalah yang dihadapi UKM. Selain itu UPM dibentuk sebagai salah satu  bagian dari wujud akuntabilitas publik atas pelaksanaan program-program pemerintah.

Siapapun tanpa kecuali, dapat menyampaikan pengaduan/keluhan ke UPM bila yang bersangkutan menemui, mendengar dan menghadapi masalah, melihat penyelewengan atau berbagai kejanggalan dalam proses pelaksanaan program-program pemerintah.

Hak untuk memperoleh jawaban atas hasil penyelidikan terhadap pengaduan/laporan yang telah diajukan kepada UPM Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah.

Setiap pengaduan akan dirahasiakan identitasnya oleh UPM Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah.